WORKSHOP PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI PSIKOLOGI FISIPOL UNMUL 2018

Mahasiswa mempunyai kewajiban untuk menulis karya ilmiah skripsi di akhir program studi sebagai salah satu syarat guna memperoleh gelar sarjana (S1) psikologi di FISIP UNMUL. Hal tersebut sebagai syarat dan pertanggungjawaban ilmiah karena telah menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, Prodi Psikologi saat ini terus melakukan revisi atau pembaharuan dalam penyusunan buku pedoman skripsi agar mengacu pada aturan-aturan baku yang tepat dan terstandar sesuai pada keilmuan jurusan psikologi dan dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa.

 

Salah satu langkah yang dilakukan adalah mengadakan Workshop Pedoman Penulisan Skripsi yang dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2018 di Hotel Ibis Balikpapan, Kalimantan Timur. Adapun narasumber Wahyu Widhiarso, S.Psi., M.A. didatangkan dari Universitas Gajah Mada adalah seorang pakar di bidang penulisan skripsi dan statistik. Kegiatan yang diadakan selama satu hari tersebut diawali dengan sambutan pembuka dari Ketua Program Studi Psikologi Ibu lisda Sofia, M.Psi., Psikolog. Selanjutnya sambutan kedua sekaligus membuka kegiatan workshop dilakukan oleh Dekan FISIP UNMUL, Dr. H. Muhammad Noor, M.Si. didampingi oleh Wakil Dekan 2 Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, MS. Adapun peserta workshop adalah seluruh jajaran dosen Psikologi FISIP UNMUL.

 

Kegiatan yang diketuai oleh Dian Dwi Nur Rahmah, M.Psi, Psikolog dibantu oleh Elda Trialisa Putri, M.Psi., Psikolog tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Manfaat yang diperoleh pun sangat banyak salah satunya prodi psikologi mendapatkan banyak masukan wawasan tambahan terkait penyusunan buku pedoman skripsi, dan yang terutama sekali adalah seluruh dosen mampu bersama-sama melakukan revisi buku pedoman skripsi yang sebelumnya telah dibuat. Acara penutup dilakukan dengan adanya pembacaan kesepakatan akhir hasil revisi oleh Ketua Prodi, Ibu Lisda Sofia, M.Psi., Psikolog sekaligus menutup kegiatan workshop pedoman penulisan skripsi tersebut. Harapan kedepannya adalah buku pedoman skripsi yang disahkan dapat berguna dan sungguh-sungguh dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa dalam menyusun skripsi dan untuk dosen sendiri sebagai pedoman baku dalam proses pembimbingan mahasiswa.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *