Pendaftaran Yudisium Gelombang I 2021

Yudisium dan Wisuda adalah acara rutin tahunan yang diselenggarakan empat kali dalam setahun oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universttas Mulawarman (Fisip Unmul) dan Universitas Mulawarman. Dilihat dari segi dokumen yang diterima oleh Yudisawan-Yudiiawati/Wisudawan-Wisudawati, Yudisium dan Wisuda Gelombang I Tahun 2021, yangi akan dilaksanakan pada bulan Maret 2021, sedikit berbeda dengan Yudisium dan Wisuda sebelumnya,karena Universitas Mulawarman mulai menerapkan pemberlakuan PIN (Penomoran Ijazah Nasional) dan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) di semua Fakultas di Universitas Mulawarman.

Mahasiswa yang lulus setelah tanggal 28 Desember 2020, ijazahnya wajib memakai PIN. Namun PIN baru akan diberikan oleh Dirjen Dikti bila data-data mahasiswa sudah sinlkron dengan data di PDDIKTI (Pangkalan Data DIrjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbud RI). Bila mahasiswa yang lulus setelah tanggal 28 Desember 2020 belum memperoleh PIN, maka Rektorat tidak akan mengijinkan untuk ikut wisuda pada bulan Maret 2021 karena yang bersangkutan tidak akan mendapat ijazah dengan PIN. Untuk itu cek lagi data-data di SIA apakah isian sudah benar dan lengkap, apakah penulisn nama sudah benar, apakah sudah ada NIK (Nomor Induk Kependudukan/No. KTP), dsb. 

Untuk SKPI, data-data tentang prestasi dan kegiatan organisasi kemahasiswaan akan dicantumkan di SKPI tersebut. Unutk itu, mahasiwa yang mendaftar Yudisium Gelombang  I 2021 diwajibkan mengisi isian data Rekapitulasi Prestasi/Kegiatan Kemahasiswaan yang contoh filenya bisa didownload  di link” Download file” di bawah ini atau di link “Download” di Menu Utama.

Panduan pengisiannya bisa dilihat di file tersebut. File tersebut (plus bukti-buktinya, jika ada) harus diupload ketika mendaftar Yudisium Gelombang I 2021. Jika tidak ada data-data Prestasi/Kegiatan Kemahasiswaan, pada kolom isian diisi TIDAK ADA sebagaimana bisa dilihat contohnya adalam file tersebut.

Untuk bisa mendaftarkan diri pada Yudisium Gelombang I Tahun 2021, pendaftar harus login terlebih dahulu. Ini bisa dilakukan jika mahasiswa sudah pernah mendaftar sebelumnya (misalnya dalam pengurusan KRS offline/manual sebelum Pandemi). Jika lupa username atau password, klik “Forgot your username? atau “Forgort your password?” (Email harus aktif, karena username dan password akan dikirim ke email). Jika mendaftar lagi, pastikan emailnya tidak pernah dipakai mendaftar Akun di web ini. Jika ditolak karena emailnya sudah pernah dipakai, ganti emailnya (pakai email baru).

Setelah bisa login, klik link Formulir Pendaftaran Yudisium di menu Pendaftaran Yudisium (menui ini baru bisa diakses setelah login). Kemudian isi formulirnya dan upload file-file yang diminta.

Download file Rekapitulasi Prestasi/Kegiatan Kemahasiswaan: Download file (18kb)

Sumber : https://akademik.fisip-unmul.ac.id/site/index.php/en/2-uncategorised/22-pendaftaran-yudisium-gelombang-i-2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.