Validasi Karya Ilmiah Mahasiswa Dengan Turnitin

Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul), mahasiswa yang menyelesaikan jenjang Sarjana Strata Satu (S1) wajib membuat karya ilmiah sebagai tugas akhir penyelesaian studinya berupa Skripsi dan artikel e-Jurnal (eJournal). Dalam pembuatan Skripsi khususnya, karya ilmiahnya dibagi lagi menjadi tiga, yakni Proposal Skripsi (Bab I-III), Hasil Penelitian (Bab IV-V), dan Skripsi final (Bab I-V). Untuk meningkatkan mutu karya ilmiah tersebut, mulai 1 Januari 2021 Fisip Unmul menerapkan pengecekan tingkat kesamaan karya ilmiah mahasiswanya dengan cara membandingkannya dengan karya-karya ilmiah lainnya.

Target tingkat kesamaan (Similarity Index) yang ingin dicapai adalah maksimal 30% untuk mahasiswa S1. Namun untuk mencapainya dilakukan secara bertahap agar ada waktu untuk penyesuaian. Hal ini juga berlaku untuk mahasiswa Pascasarjana (S2), yang  target toleransi Similarity Indexnya maksimal 25% (dalam kurun waktu yang sama dengan mahasiswa S1). Untuk jangka panjang ke depan, tidak mengurangi kemungkinan bahwa target itu akan terus diperkecil Similarity Indexnya — yang bisa menjadi indikasi semakin meningkatnya kualitas karya ilmiah mahasiswa — bila target tersebut tidak sulit untuk dicapai. Hal ini karena, target tersebut masih masuk dalam kategori Moderate Degree of Similarity (tingkat kesamaan yang sedang), belum merupakan Low Degree of Similarity (tingkat kesamaan yang rendah)  (lihat tabel kategorisasi Similarity Index di bawah).

Pengecekan tingkat kesamaan (similarity) diberlakukan untuk Proposal Skripsi/Thesis (sebelum Seminar Proposal), Skripsi/Thesis final (Sebelum Ujian Skripsi/Tesis), dan artikel e-Jurnal (setelah Ujian Skripsi/Thesis). Untuk mahasiswa S1, pengecekan similaritynya akan dilakukan oleh dua orang staf Fakultas, sementara untuk mahasiswa S2 pengecekan diatur oleh Program Magister Administrasi Publik (MAP).

Untuk mahasiswa S1, prosedur/ketentuan pengecekan tingkat kesamaannya adalah sebagai berikut:

  1. Proposal skripsi, skripsi, dan artikel e-jurnal yang perlu dicek kesamaannya adalah draft yang sudah jadi/selesai (disetujui/di-acc oleh pembimbing) sebelum diajukan ke Program Studi.
  2. File proposal skripsi, skripsi, dan artikel e-Jurnal yang diserahkan untuk dicek prosentase kesamaannya adalah file PDF, dan jumlahnya hanya satu file (bagian-bagian/bab-bab digabung menjadi satu file PDF).
  3. Pengiriman/penerimaan file PDF dilakukan melalui email, dan staf yang bertugas mengecek kesamaan karya ilmiah (similarity) dibagi menurut kelompok Program Studi dengan pertimbangan beban kerja berimbang, sebagai berikut:
Fajar Adiatmojo, S.IP Email: turnitinmhs01[at]gmail.com Muhammad Rois Email: turnitinmhs02[at]gmail.com
1.    Prodi Administrasi Publik 1.     Prodi Ilmu Pemerintahan
2.    Prodi Hubungan Internasional 2.     Prodi Pembangunan Sosial
3.    Prodi Administrasi Bisnis 3.     Prodi Ilmu Komunikasi
4.    Program S1 Pemerintahan Integratif 4.     Prodi Psikologi

Contoh: Mahasiswa Prodi Administrasi Publik yang akan melaksanakan seminar proposal, wajib mengirim file PDF proposal skripsi ke email  turnitinmhs01[at]gmail.com. Mahasiswa Prodi Pembangunan Sosial yang akan melaksanakan ujian skripsi, wajib mengirim file PDF skripsinya ke email turnitinmhs02[at]gmail.com.  (Catatan: [at] diganti @}

Jika prosentase similarity indeknya lebih dari yang telah ditetapkan, maka mahasiswa tersebut harus memperbaiki draft proposal/skripsi/artikel e-jurnalnya untuk kemudian dicek ulang prosentase kesamaannya (dikirim ulang ke alamat email tersebut di atas). Demikian seterusnya sampai memenuhi persyaratan. Untuk mengurangi tingkat kesamaan yang signifikan, kepada mahasiswa disarankan untuk mempelajari dan menerapkan teknik Paraphrase (Parafrase) dalam pengutipan.

turnitincode

Sumber : https://akademik.fisip-unmul.ac.id/site/index.php/en/10-news/19-validasi-karya-ilmiah-mahasiswa-dengan-turnitin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.