WORKSHOP STRATEGI PENYUSUNAN ROAD MAP PENELITIAN

 

 

Dalam rangka mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal penelitian, Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan kegiatan workshop yang berjudul “Workshop Penyusunan Road Map Penelitian” pada tanggal 09 Agustus 2018 di Hotel Horison Samarinda.   Adanya Road Map Penelitian diharapkan mampu membantu mengarahkan tulisan-tulisan dosen agar dapat menjadi acuan dalam melakukan proses penelitian. Selain itu, terbentuknya Road Map Penelitian yang berisi strategi pencapaian dan tema penelitian unggulan institusi termasuk topik-topik riset yang harus diacu oleh dosen di dalam melakukan penelitian diharapkan mampu mempermudah dosen dalam melakukan kegiatan penelitian.

 

 

Narasumber dalam kegiatan workshop ini adalah Prof. Enos Tangke Arung, Ph.D. yang dihadiri oleh 30 peserta. Peserta yang hadir tidak hanya dari program studi psikologi, tetapi juga dari program studi ilmu komunikasi, administrasi bisnis, ilmu administrasi publik, ilmu pemerintahan, dan sosiatri. Kegiatan workshop ini dibuka oleh Ketua Program Studi Psikologi, Ibu Lisda Sofia, M.Psi., Psikolog dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Bpk. Dr. H. Muhammad Noor, M.Si.

Prof. Enos, selaku narasumber, menyampaikan materi yang berisi mengenai urgensi penelitian dan pengabdian masyarakat bagi pengembangan karir dosen, tahapan pembuatan road map penelitian (institusi dan dosen), dan strategi agar produktif meneliti. Selain itu, narasumber juga berbagi pengalaman mengenai kegiatan penelitian, mendapatkan dana penelitian, dan proses memperoleh HKI dalam penelitian.

Kegiatan workshop ini terasa sangat bermanfaat karena mampu memberikan insight pada dosen-dosen, khususnya dosen di Program Studi Psikologi dalam melakukan penelitian. Prof. Enos, dengan gayanya yang penuh semangat, memberikan motivasi kepada kami melalui cerita pengalaman beliau dalam melakukan penelitian. Beliau juga mengatakan “Penelitian itu adalah suatu kunci dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ketika Anda melakukan penelitian, Anda dapat menggunakan hasil penelitian itu untuk terjun ke masyarakat melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat dan hasil penelitian dapat untuk digunakan dalam kurikulum untuk mendukung proses Pengajaran”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.